Rabu, 19 Oktober 2022

Komik Pembelajaran Berbasis Android dan PC/Laptop

 Komik Pembelajaran Menggunakan PC Comic Life 3




Topik                        : Rangkaian Listrik Paralel Membuat LALIN Sederhana

Pembuat Komik     : Syaiful Oktavianto H. Musa, S.Pd (No. Reg 5179)

Instansi                     : SDN No. 56 Kota Timur Kota Gorontalo

Sinopsis / Deskripsi

Komik ini merupakan kegiatan pembelajaran yang saya lakukan bersama peserta didik kelas VI Kurikulum 2013 Pada Tema 3 SubTema 2 Pembelajaran 3. Pada kegiatan ini saya selaku Guru Kelas memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang merupakan tokoh dalam pembuatan komik edukasi ini. Mereka melakukan kegiatan praktek membuat lampu lalu lintas (Traffic Light) dengan menggunakan rangkain listrik parallel, kemudian saya selaku guru mendokumentasikan kegiatan peserta didik saya kelas VI.

Setelah membaca komik edukasi ini diharapkan para pembaca seluruh peserta didik kelas V-VI SD dapat memahami serta dapat membuat lampu lalu lintas (traffic light) sederhana dalam rangkaian listrik paralel.

PENOKOHAN DALAM KOMIK TERSEBUT ADALAH :

  1. Pak Ipul (Guru Kelas) Tokoh Utama
  2. All (SIswa Laki-laki)
  3. Bowo (SIswa Laki-laki)
  4. Arul (SIswa Laki-laki)
  5. Tya (SIswa Perempuan)
  6. Lisa (SIswa Perempuan)
  7. Adel (SIswa Perempuan)
  8. Seluruh peserta didik kelas VI A “SDN No. 56 Kota Timur”

Panel

(Slide)

Storyline

 (Alur Cerita)

Tokoh

(Karakter)

Aset Visual

(Dialog & Foto)

Keterangan / Narasi

1.

Suasana Selasar Sekolah

Guru Kelas
Pak Ipul

Dialog:

Ø -

Suatu pagi yang cerah. Pak guru datang menuju kelas

Aset Visual:

Ø Foto pak ipul

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium shot

2.

Suasana dalam Kelas

Seluruh Peserta didik kelas VI
(All “Sebagai ketua kelas”)

Dialog:

All : “Berdiri... Berisalam .....”

Seluruh peserta didik : Assalamulaiakum warohmatullahi wabarokatuh... selamat pagi pak guru

SItuasi dalam kelas. Seluruh peserta didik berdiri dan member salam kepada Guru kelasnya

Aset Visual:

Ø Foto seluruh peserta didik

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Long shot

3

Pintu Masuk kelas VI

Guru Kelas
Pak Ipul

 

Dialog:

Guru : “Assalamualaikum.. Selamat Pagi Anak-anak”

Berada di depan pintu kelas. Pak Guru memberikan salam kepada peserta didiknya

 

Aset Visual:

Ø  Foto pak ipul

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium shot

4

Suasana dalam Kelas

Pak Ipul, Siswa Laki-laki (Bowo), dan Siswi Perempuan (Tya)

Dialog:

Pak Ipul : Hari ini kalian akan belajar dan melakukan praktek mengenai rangkaian listrik parallel

Bowo : Waah.. keren pelajaran kita hari ini

Tya :  Rangkaian listrik paralel seperti apa yaa ? (berkata dalam hati)

SItuasi dalam kelas dalam proses pembelajaran

Aset Visual:

Ø Foto Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas dan dua orang peserta didik mempehatikan

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium long shot

5

Suasana dalam Kelas

Pak Ipul

Dialog:

Pak Ipul : Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.

Proses Penjelasan tenatang materi

Aset Visual:

Ø Foto Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Long Shot

6

-

-

Dialog:

-

Ini adalah rangkai listrik paralel

Aset Visual:

Ø Rangkaian listrik paralel

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium shot

7

Suasana dalam Kelas

Pak Ipul, Siswa Laki-laki (Bowo), dan Siswi Perempuan (Tya)

Dialog:

Pak Ipul : Hari ini kalian akan praktek membuat lampu lalu lintas (lalin) sederhana dengan menggunakan rangkaian listrik paralel.

            Sebelum melakuan praktek bacalah LKPD dengan cermat.. dan bacalah buku siswa kelas VI Tema 3 Subtema 2 PB 3 Hal. 86

Bowo : Saya berharap bisa membuat lalin sederhana itu (berkata dalam hati)

Tya :   Iya pak guru kelompok kami sudah menyiapkan alat dan bahan membuat lampu lalu litas sederhana

Proses menjelaskan materi

Aset Visual:

Ø Foto Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas dan peserta didik kelas V

 

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Long shot

8

-

-

Dialog:

-

Rangkaian listrik paralel pada lalin sederhana

Aset Visual:

Ø Lampu lalu lintas sederhana (Lalin)

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Close Up

9

Suasana dalam Kelas

Pak Ipul

Dialog:

Pak Ipul : Yaa.. Bagus nak usahakan sebelum melakukan sesuatu hal harus di dahului dengan membaca dengan teliti

Proses Pembelajaran

 

Membaca buka pengetahuan lebih luas

Aset Visual:

Ø Foto Pak Ipul sedang melihat pekerjaan peserta didik

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium Shot

10

Situasi Saat Praktek

Siswa Laki-laki (Bowo dan Arul)

Dialog:

Arul :    Bowo Bagaimana cara menyambung kabel ?

Bowo :  Caranya begini Rul.. kamu harus mengupas terlebih dahulu kulit kabelnya, kemudian kabel yang terkelupas kita sambungkan dengan selotip warna hitam.

Arul menanyakan kepada bowo cara menyambung kabel dengan baik.

Aset Visual:

Ø Foto Arul dan Bowo yang sedang asik mengupas kabel

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium Shot

11

Situasi Saat Praktek

Pak Ipul dan Siswa Laki-laki (Arul dan All)

Dialog:

Arul :    Pak guru kami mengalami kesusahan.. rangkaian paralel kami susah masuk kedalam kardus LALIN yang kami buat..

Pak Ipul :  Caranya begini nak.. kabel rangkaian paralelnya kalian rapikan dililit dengan selotip kecil warna hitam kemudian kalian lubangkan kardus tersebut untuk menyangga baterai setelah itu kalian tutup bagian belakangnya...

Arul yang sedang kesulitan dalam membuat LALIN sederhana meminta bantuan kepada gurunya (Pak Ipul).

Aset Visual:

Ø  Foto Pak Ipul membantu Arul, dan All sedang kesulitan membuat LALIN sederhana

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø  Medium Long Shot

12

Pemaparan Hasil  Diskusi

Siswi Perempuan (Tya, Adel, Lisa)

Dialog:

Tya :  Dari hasil praktek yang kami lakukan kami dapat menyimpulkan bahwa rangkaian paralel memiliki lebih dari satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik. Akibatnya, karena arus listrik memiliki lebih dari satu jalur yang diambil, rangkaian masih dapat berfungsi jika satu jalur terputus atau dimatikan. Dalam lampu lalu lintas, terdapat tiga lampu, yaitu lampu warna merah, kuning dan hijau. Lampu ini dimatikan dan dinyalakan bergantian, untuk mengatur lalu lintas. Karena dalam lampu lalu lintas bila ada lampu yang dimatikan lampu lain harus bisa menyala.

Adel : yang saya pegang  ini adalah hasil karya kami

Lisa :  waaahhh... Semangat sekali siih tya membacakan hasil kerja kelompok kami

Peserta didik memaparkan hasil diskusi kelompoknya

Aset Visual:

Ø Foto 3 orang peserta didik perempuan

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium Long Shot

13

Time To Quiziiz

Pak Ipul

Dialog:

Pak Ipul :

1.  Jelaskan Pengertian Rangkaian Listrik Paralel ?

2.  Mengapa rangkaian listrik paralel digunakan dalam membuat lampu lalu lintas sederhana (lalin) ?

-

Aset Visual:

Ø Foto Pak Ipul

Tipe Pengambilan Gambar/Angle:

Ø Medium Long Shot


KOMIK HASIL KARYA PESERTA DIDIK
MENGGUNAKAN HP ANDROID












BAPAK IBU INGIN MEMBUAT COMIC STRIP MENGGUNAKAN HP ANDROID ??
😁SILAHKAN DI DOWNLOAD APLIKASINYA YA😀
👉 KLIK DISINI APLIKASINYA👈


Lokasi: Gorontalo, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar