Komik Pembelajaran Menggunakan PC Comic Life 3
Topik : Rangkaian
Listrik Paralel Membuat LALIN Sederhana
Pembuat Komik : Syaiful Oktavianto H. Musa, S.Pd (No.
Reg 5179)
Instansi : SDN No. 56 Kota Timur Kota
Gorontalo
Sinopsis / Deskripsi
Komik ini merupakan kegiatan
pembelajaran yang saya lakukan bersama peserta didik kelas VI Kurikulum 2013 Pada
Tema 3 SubTema 2 Pembelajaran 3. Pada kegiatan ini saya selaku Guru Kelas
memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang merupakan tokoh dalam
pembuatan komik edukasi ini. Mereka melakukan kegiatan praktek membuat lampu
lalu lintas (Traffic Light) dengan
menggunakan rangkain listrik parallel, kemudian saya selaku guru
mendokumentasikan kegiatan peserta didik saya kelas VI.
Setelah membaca komik edukasi ini diharapkan
para pembaca seluruh peserta didik kelas V-VI SD dapat memahami serta dapat
membuat lampu lalu lintas (traffic light)
sederhana dalam rangkaian listrik paralel.
PENOKOHAN DALAM KOMIK TERSEBUT ADALAH :
- Pak
Ipul (Guru Kelas) Tokoh Utama
- All
(SIswa Laki-laki)
- Bowo
(SIswa Laki-laki)
- Arul
(SIswa Laki-laki)
- Tya
(SIswa Perempuan)
- Lisa
(SIswa Perempuan)
- Adel
(SIswa Perempuan)
- Seluruh peserta didik kelas VI A “SDN No. 56 Kota Timur”
Panel (Slide) |
Storyline (Alur Cerita) |
Tokoh (Karakter) |
Aset Visual (Dialog & Foto) |
Keterangan / Narasi |
1. |
Suasana Selasar Sekolah |
Guru Kelas |
Dialog: Ø - |
Suatu pagi yang cerah. Pak guru datang menuju
kelas |
Aset Visual: Ø Foto pak ipul |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Medium shot |
||||
2. |
Suasana dalam Kelas |
Seluruh Peserta
didik kelas VI |
Dialog: All : “Berdiri... Berisalam .....” Seluruh peserta didik : Assalamulaiakum warohmatullahi wabarokatuh... selamat pagi pak guru |
SItuasi dalam kelas. Seluruh peserta didik
berdiri dan member salam kepada Guru kelasnya |
Aset Visual: Ø Foto seluruh peserta didik |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Long shot |
||||
3 |
Pintu Masuk kelas VI |
Guru Kelas |
Dialog: Guru : “Assalamualaikum.. Selamat Pagi Anak-anak” |
Berada di
depan pintu kelas. Pak Guru memberikan salam kepada peserta didiknya |
Aset Visual: Ø Foto pak ipul |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Medium shot |
||||
4 |
Suasana dalam Kelas |
Pak Ipul, Siswa
Laki-laki (Bowo), dan Siswi Perempuan (Tya) |
Dialog: Pak Ipul :
Hari ini kalian akan belajar dan melakukan praktek mengenai rangkaian listrik
parallel Bowo :
Waah.. keren pelajaran kita hari ini Tya : Rangkaian listrik paralel seperti apa yaa ? (berkata dalam hati) |
SItuasi dalam kelas dalam proses pembelajaran |
Aset Visual: Ø Foto Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas dan dua orang peserta didik mempehatikan |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Medium long shot |
||||
5 |
Suasana dalam Kelas |
Pak Ipul |
Dialog: Pak Ipul : Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. |
Proses
Penjelasan tenatang materi |
Aset Visual: Ø Foto Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Long Shot |
||||
6 |
- |
- |
Dialog: - |
Ini
adalah rangkai listrik paralel |
Aset Visual: Ø Rangkaian listrik paralel |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Medium shot |
||||
7 |
Suasana dalam Kelas |
Pak Ipul, Siswa
Laki-laki (Bowo), dan Siswi Perempuan (Tya) |
Dialog: Pak Ipul : Hari ini kalian akan praktek
membuat lampu lalu lintas (lalin) sederhana dengan menggunakan rangkaian
listrik paralel.
Sebelum melakuan praktek bacalah
LKPD dengan cermat.. dan bacalah buku siswa kelas VI Tema 3 Subtema 2 PB 3
Hal. 86 Bowo : Saya berharap bisa membuat lalin
sederhana itu (berkata dalam hati) Tya : Iya pak guru kelompok kami sudah menyiapkan alat dan bahan membuat
lampu lalu litas sederhana |
Proses
menjelaskan materi |
Aset Visual: Ø Foto
Pak Ipul sedang berdiri di depan kelas dan peserta didik kelas V |
|
|||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Long shot |
||||
8 |
- |
- |
Dialog: - |
Rangkaian
listrik paralel pada lalin sederhana |
Aset Visual: Ø Lampu lalu lintas sederhana
(Lalin) |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Close Up |
||||
9 |
Suasana dalam Kelas |
Pak Ipul |
Dialog: Pak Ipul : Yaa.. Bagus nak usahakan sebelum
melakukan sesuatu hal harus di dahului dengan membaca dengan teliti |
Proses
Pembelajaran Membaca
buka pengetahuan lebih luas |
Aset Visual: Ø Foto
Pak Ipul sedang melihat pekerjaan peserta didik |
||||
Tipe Pengambilan
Gambar/Angle: Ø Medium Shot |
||||
10 |
Situasi Saat Praktek |
Siswa Laki-laki (Bowo dan Arul) |
Dialog: Arul : Bowo Bagaimana cara menyambung kabel ? Bowo : Caranya begini Rul.. kamu harus mengupas
terlebih dahulu kulit kabelnya, kemudian kabel yang terkelupas kita
sambungkan dengan selotip warna hitam. |
Arul
menanyakan kepada bowo cara menyambung kabel dengan baik. |
Aset Visual: Ø Foto Arul
dan Bowo yang sedang asik mengupas kabel |
||||
Tipe Pengambilan
Gambar/Angle: Ø Medium Shot |
||||
11 |
Situasi Saat Praktek |
Pak Ipul dan Siswa Laki-laki (Arul
dan All) |
Dialog: Arul : Pak guru kami mengalami kesusahan.. rangkaian paralel kami susah masuk
kedalam kardus LALIN yang kami buat.. Pak Ipul : Caranya begini nak.. kabel rangkaian
paralelnya kalian rapikan dililit dengan selotip kecil warna hitam kemudian
kalian lubangkan kardus tersebut untuk menyangga baterai setelah itu kalian
tutup bagian belakangnya... |
Arul
yang sedang kesulitan dalam membuat LALIN sederhana meminta bantuan kepada
gurunya (Pak Ipul). |
Aset Visual: Ø Foto Pak Ipul membantu Arul, dan All sedang
kesulitan membuat LALIN sederhana |
||||
Tipe Pengambilan
Gambar/Angle: Ø Medium
Long Shot |
||||
12 |
Pemaparan Hasil
Diskusi |
Siswi Perempuan
(Tya, Adel, Lisa) |
Dialog: Tya : Dari hasil praktek yang kami
lakukan kami dapat menyimpulkan bahwa rangkaian paralel memiliki lebih dari
satu jalur tempat arus listrik mengalir dari sumber arus listrik. Akibatnya, karena
arus listrik memiliki lebih dari satu jalur yang diambil, rangkaian masih
dapat berfungsi jika satu jalur terputus atau dimatikan. Dalam lampu lalu
lintas, terdapat tiga lampu, yaitu lampu warna merah, kuning dan hijau. Lampu
ini dimatikan dan dinyalakan bergantian, untuk mengatur lalu lintas. Karena
dalam lampu lalu lintas bila ada lampu yang dimatikan lampu lain harus bisa
menyala. Adel : yang saya pegang ini adalah hasil karya kami Lisa : waaahhh... Semangat sekali siih tya membacakan hasil kerja kelompok
kami |
Peserta
didik memaparkan hasil diskusi kelompoknya |
Aset Visual: Ø Foto 3
orang peserta didik perempuan |
||||
Tipe Pengambilan
Gambar/Angle: Ø Medium
Long Shot |
||||
13 |
Time To Quiziiz |
Pak Ipul |
Dialog: Pak Ipul : 1. Jelaskan Pengertian Rangkaian Listrik
Paralel ? 2. Mengapa rangkaian listrik paralel digunakan
dalam membuat lampu lalu lintas sederhana (lalin) ? |
- |
Aset Visual: Ø Foto Pak Ipul |
||||
Tipe Pengambilan Gambar/Angle: Ø Medium Long Shot |
0 komentar:
Posting Komentar